Selasa, 21 Maret 2017

Tips bersabar saat marah

Ada beberapa tips bagaimana kita bershabar saat marah:
  • Saat marah, cepat redakan dengan 5 cara diatas. Jangan mengikutinya. Jika kita mengikuti kemarahan kita, maka secara fisik dan hati, kita akan terbiasa marah. Jadi jangan membiasakan marah agar tidak menjadi pemarah.
  • Rajin merenung dan mengingat bahwa kehadiran orang lain (termasuk yang membuat kita marah) adalah ujian bagi kita agar kita menjadi lebih baik. Jika kita marah, artinya kita telah gagal.
  • Rajin memaafkan orang lain termasuk yang biasa membuat kita marah. Agar emosi kita tidak menumpuk dan masih mudah dikendalikan.
  • Rajin berdzikir dan membaca Al Quran agar hati kita tenang serta lembut. Orang tenang relatif tidak mudah marah.
  • Kadang saya suka memvisualisasikan diri sedang dimarahi orang lain dan saya menyikapi dengan tenang. Ini berhasil.
OK, kita baru membahas shabar dalam marah. Ini adalah salah contoh dan sering kita hadapi dalam kehidupan sehari hari. Tentu masih ada bentuk-bentuk keshabaran lainnya yang belum dibahas disini.
Namun saya mengetahui kuncinya untuk segala keshabaran, yaitu khusyu’.
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu dan sungguh ini perkara besar, kecuali untuk orang-orang yang khusyu’, (Yaitu) orang – orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepadaNya,” (QS. al-Baqarah [2]: 45 – 46).”
Perhatikan shabar dan shalat itu perkara besar atau sulit, kecuali bagi orang yang khusyu’. Jadi bagi orang yang khusyu’, shalat dan shabar itu mudah. Orang yang khusyu’ adalah orang-orang yang meyakini akan menemui dan kembali kepada Allah.
Jadi kunci keshabaran adalah tanamkan dalam diri, ingat selalu, bahwa kita akan kembali menghadap-Nya. Jika kita masih kesulitan shabar, mungkin kita sering lupa bahwa kita akan kembali kepada-Nya. Intinya kurang dzikir.
Semoga pembahasan Cara Menjadi Orang yang Baik dan Sabar bermanfaat bagi Anda. Jika ada kesalahan itu dari kesalahan saya pribadi, yang benar tentu datang dari Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar